Masak mie instan

Di bungkus mie instan sering ada pernyataan yang kurang lebih kaya gini: “Diperkaya dengan vitamin..” Heh..heh.. Mau percaya nggak dilarang kok. Tapi kalau mau ngilangin sekian persen pengawet dll yang terkandung dalam makanan wajib anak muda itu, ada cara mudah. Masak aja dua kali. Pertama mienya doang. Udah mateng air buang (Lihat buih-buihnya, kan? Hoekk..!) dan taruh mie di mangkok.

Trus rebus air lagi, tapi kali ini takaran harus pas satu porsi (jangan lebih, biar tidak ada air dibuang). Nah, di kali yang kedua ini, sejak air dingin cemplungin tuh wortel-sawi dkk, begitu mendidih langsung matiin kompor. Dijamin sayuran terasa renyah (kréas-kréas, orang Jawa bilang). Oya, kalau mau rasa lebih menyengat, bumbu jangan ikut direbus.

Butuh gas sedikit lebih, memang. Tapi racun banyak berkurang, selain rasa juga jadi lebih ‘segar’.

ooOoo

–NgM–mangap

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s